Friday, September 4, 2015

Krisis Moneter II : Receh, Pembalut 30 cm, dan Bensin 5rb

Di postingan sebelumnya, gue bilang duit gue cuma cukup sampe 31 Agustus. Sedangkan sekarang udah tanggal 4 September.
Tapi sebenernya sih gak habis banget sampe agustus, ada sisa 100rb. Cukuplah buat 10 hari awal september ini. Untungnya gue tinggal sama sodara, jadi gue makannya masih bisa numpang :v. Uang 100rb ini gue beliin buat deposit pulsa. Perkiraan gue tiap hari minimal ada 1 orang yang beli pulsa 5rb, sehari itu paling banyak gue jajan 7rb. Jadi gue bisa menekan pengeluaran gue. Coba kalo 100rb itu utuh di tangan, pasti nanti ada aja yang mau dibeli.


Tanggal 1 perkiraan gue bener, ada yang beli pulsa. Nah, pas tanggal 2 kemaren ternyata gak ada yang beli pulsa. Gue bisa tahan gak jajan karena gue bawa bekal. Gue bisa nunggak uang kas. Gue bisa nolak buat nyicil iuran BTS (Buku Tahunan Siswa). Tapiii, gue gak bisa kalo gak pake pembalut pas lagi haid. Emang kampret bener lagi gak ada duit pas haid terus persedian pembalut udah abis. Gak cuma itu, pas gue mau pulang sekolah, gue liat bensin di motor gue udah di garis merah. Perasaan gue isi bensin kemaren masih banyak (Perasaan doang wkwk). Jadi gue ngebut pulang ke rumah. Berharap jangan sampe motor ini mogok di tengah jalan. Setidaknya kalo lagi apes jangan apes-apes bangetlah.

Sampe rumah jam 3 kurang, gue langsung periksa lemari. Alhamdulillah gue pernah ngumpulin duit receh 100-an, 200-an, 500-an. Setelah gue itung ada 13rb. Ternyata bener kata pepatah, "Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.". Gue langsung ambil lem solasi buat gabungin duit recehnya biar gak ilang. Repot juga kalo ilang 100, jadi jumlahnya bukan 13rb lagi. Di saat-saat seperti ini uang 100 perak sangatlah berharga. Gue pisah 5rb buat beli bensin, 2rb buat beli pembalut. Sisanya buat kapan-kapan.

Gue kemaren gak ada jadwal nyuci, tapi karena abis minjem baju olahraga temen gue dan harus dikembaliin secepatnya, jadi gue harus nyuci. Kalo nyuci cuma 1 baju itu gak afdol rasanya, jadi gue cuci aja semuanya sekalian. Gak sadar kalo udah jam 3.30, padahal gue gue mau les jam 4.30. Gue langsung buru-buru nyapu.
Terus gue pergi ke warung buat beli pembalut. Di waktu yang mepet ini gue harus memilih jalan kaki karena takut bensin motor abis. Gue juga harus milih warung yang lebih jauh, karena warung yang deket rumah biasanya lebih mahal. Pas sampe di warung gue nanya "Ada pembalut yang 500-an gak?" Haha, ketara banget lagi bokeknya. Terus gue dikasih pembalut yang harganya 1000 isinya 2. Alhamdulillah, kalo di warung lain mah 2rb dapet 3 doang. Sampe rumah gue buka package pembalutnya dan gue tercengang. 1 pack ini isinya 2, yang satu pembalut biasa, yang satunya lagi pembalut yang 30cm + bonus kalender menstruasi. Oke, mungkin bagi kalian itu biasa aja. Tapi gue gak pernah pake pembalut yang 30cm karena menurut gue sama aja dan harganya lebih mahal. Dan disaat bokek gini gue dikasih kesempatan buat pake yang 30cm. Asatagaa, gue lebay banget yak. Wkwk.

Jam 4.45 gue nyiapin bekal karena gue gak sempat makan, terus gue pergi les dengan penuh harap. Lagi-lagi gue takut motor mogok di tengah jalan. Gue gak sempet ke SPBU soalnya udah telat pake banget. Biasanya sih emang telat, tapi gak pernah setelat ini.

Pas istirahat gue ikut temen-temen gue ke warung bubur ayam. Kalo gue makan di kelas sendirian gak enak. Gue bawa bekal gue terus gue numpang makan di warung itu. Gak cuma numpang makan sih, gue juga makanin kerupuk yang ada di toples di atas meja. Wkwk. Gak tau diri emang. Hahaha :v. Maafin gue yak tukang bubur, gue doain semoga ente bisa naik haji terus jadi pemain sinetron dah. Wkwk.

Gue pulang jam 8 malem. Gue mampir dulu ke SPBU. Pas gue udah masuk antrian, baru muncul pertanyaan di benak gue, "Boleh gak sih beli cuma 5rb?". Soalnya gue pernah denger kata temen gue beli pas 1 liter gak boleh, minimal 10rb. Nah, gue malah cuma 5rb, gak cukup 1 liter. Mau nanya tapi gue udah masuk antrian. Kalo misalnya gak boleh kan ngapain gue ngantri lama-lama. Tapi tetep akhirnya gue tunggu aja sampe giliran gue. Dan Alhamdulillah, ternyata bisa wkwk. Gue kasih deh 5rb receh ke mas-mas SPBU-nya. Setidaknya gue pulang gak dorong motor :v.

32 comments:

  1. Hidupmu penuh dengan perjuangan, Nak. *pukpuk*
    Tp hebat sih, bsa ngatur duit gtu. Mau gak mau jd bljar buat hemat duit yak. Itu bener banget, duit receh klo lg bokek tuh emg sangat berharga, :') tp kdang klo lg bnyak duit malah lupa sm receh. Wakaakak.

    Lah kok mantep beli 1000 dpt pembalut yg 30cm? Setau gue yg 30cm itu serebu atu deh? Emg mewah bgt dah klo pake yg 30cm. Di warung dket rmh gue 10rb isinya 10 biji, bru 3 hri jg lgsg abis..... Mending beli di Indomaret, goceng dapet banyak. Wakakak.

    Yaampun, dpt jg tuh bensin, di SPBU pula! Goceng??! Yg bener?? Prsaan bensin seliter 8rb-an deh? Eh, gak tau jg, gue gapernah naek motor soalnya. Jd gak tau hrga bensin. :Dv

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya gue gak bisa ngatur duit lu, kalo bisa pasti gue gak keteteran di akhir periode :v asli berharga banget bisa-bisa gue dorong motor kalo gak ada duit receh. Emang murah beli di indomaret/alfamart sih, goceng dapet banyak tapi sayang duit gue gak cukup goceng. Harga bensin pasnya 7300 per liter..

      Delete
    2. Kalian kembar? gaya fotonya sama... jangan jangan #ahsudahlah

      Delete
  2. Sini nomer rekeningnya.. :3
    Lagi seret begitu ya? Hehehe... bulan depan gendut lagi kok dompetyaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh gak ada nomor rekening. Kirim lewat pos aja gapapa kan wkwk. Iya, tapi gendutnya cuma bentar, abis itu langsung kurus lagi :v

      Delete
  3. Ajiiiib... segitu krisisnya ya... hahahaha
    Ini levelnya udah dewa banget tuuuh...

    Beli pembalut ngais receh dulu, makan bareng temen di warung bawa nekal sendiri dan ngisi bensin 5ribu perak... itu selain tekadyang kuat, juga mesti punya mental kuat juga di SPBU... inspiratif banget inimah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener-bener darurat. Kalo gak ada duit receh mungkin gue udah minjem sama IMF :v
      Gue mah bukannya mental kuat, emang gak tahu malu aja. Wkwk

      Delete
  4. wih... hemat banget yak... hemat pangkal kaya, joss...
    bensin 5rb? emang boleh? baru tau gue.... ternyata, bensin bisa 5rb juga. nanti kapan2 gue coba 2 ribu 500 ah, biar greget. ayo! lanjutkan perjuangan! semoga berhasil selanjutnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mah bukan hemat, tapi emang kepepet. Wkwk
      Iya, coba aja beli setetes, lebih greget :v

      Delete
  5. Hehe... mantab nih artikelnya, buat kita jd belajar irit... ternyata hidup itu memang penuh perjuangan... emang dah kalo recehan itu berguna disaat2 penting... ett... dah...bensin 5rb, ga kesian ama tukang spbunya (peace...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bukan irit tapi emang kepepet :v
      Hidup adalah perjuangan. Iya untung receh masih laku dan dijamin sama uu negara. Kayaknya tukang spbunya lebih kasian sama gue wkwk

      Delete
  6. Haha pihak yang kena imbas dari krisis moneter ini adalah cewek yang lagi datang bulan, untung ya gak ngambek alasan PMS gara-gara kena krisis. Beli bensin 5 ribu juga baru tau, greget dan inspiratif deh perjuangannya.

    Semoga pengiritannya berakhir dengan indah ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk gak tau juga gue kenapa gak ngambek. Iya, gue juga baru tau setelah gue beli sendiri. Gue gak melihat ada akhir yang indah sebelum kiriman uang dateng. Wkwk

      Delete
  7. eh. 5ribu saya sih paling sedikit 10ribu
    takut emang kalau nanyain boleh gk isi 5ribu dan lagian main gengsi juga akrena malu sama orang yang antri di belakang.

    enak ya bisa irit.
    saya masih usaha nih.
    tapi gk bisa kayaknhya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga biasanya paling sedikit 10rb. Pas itu aja gue kepepet jadi cuma 5rb. Gue gengsi mungkin kalo yang ngantri di belakang cowok ganteng :v
      Ini mah gak bisa dibilang irit, bukan sesuai kehendak.

      Delete
    2. hahaha. tapi masih bisa di manajemen itu keuangannya walau sedikit

      Delete
  8. Wiih hebat sekali kamu ini, mungkin ada award buat orang teririt *bisa dibilang kepepet* bakalan kamu yang menang, terus jalan di red karpet, sambutan trus dapet piala deeh *horeee*

    emang hebat bener kamu ini bisa sampai segitunya, butuh mental yang kuat ini mah, yang punya mental cetek mah udah lambaikan tangan ke kamera. aku sendiri kesusahan kalo mau ngirit itu tapi irit bisa di coba kalo keluar pakek uang dikit jadi semua di itungin deh, ilmu matematika berguna. aku salut deeh, 10 jempol gue buat kamuu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih, hebat mah kalo banyak uang, gak perlu ngumpulin receh, terus banyak sedekah wkwk. Sebenernya gue pingin lambaikan tangan ke kamera tapi sayang gue gak ikutan acara horror itu wkwk. Itu horror juga ya jempol lo ada 10 :v

      Delete
  9. Tentang pengiritan, ya. Gue kok jadi kasihan ngeliat perjuanganmu danti. Habisnya sampe segitunya buat pengen makan, jalan, bahkan sampe beli pembalut aja, nyampe ngumpulin receh...

    Sadis dan serem ini. Keknya bisa jadi penambahan ilmu dan pengalaman urusan ngirit duit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pangeran ini mah irit garagara kepepet wkwk. Syukur kalo bisa jadi ilmu buat ngirit duit. Gue yang udah pengalaman setiap akhir bulan selalu gagal buat ngirit duit. Wkwk

      Delete
  10. Hahah... kayanya sengsara banget yak, musti ngirit-ngirit banget. Gue sendiri malah duit bulanan sering jebol dan akhirnya sering nggak nyampe. Salut deh buat kamu hhhaaa...

    Eh iya, tuh tukang bubur semoga aja nggak liat kelakuan kamu, kalo liat y mungkin waktu km dateng udah diusir duluan... wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beginilah kalo belum bisa cari duit sendiri terus gak tau cara ngatur duit, pas akhir bulan jadi sengsara wkwk. Iya untung tukang buburnya kagak liat :v

      Delete
  11. Perjuangan yang panjang ya. Emang kalo soal uang bisa bikin kita mikir banyak, gw aja bisa dibilang royal.. Kalo banyak uang bisa beli barang-barang yg diperlukan, tapi kalo tinggal receh mikir lagi, beli yang benar-benar diperlukan. Uang receh yang dikumpulin bisa bener - bener berguna ya. Haha.. Sampe sekarang gw juga masih simpen relevan sisa kembalikan dari warung. Fight yoo.. Hidup lurus-lurus aja mah gak enak, harus ada perjuangannya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, ngatur uang emang harus mikir banyak, jangan sampe jadi kita yang diatur sama uang. Yoi hidup itu emang perjuangan, life is never flat kalo kata salah satu iklan keripik :v

      Delete
  12. Saat kriris keuangan perjuangan sangat terasa yah, beda kalo lagi banyak uang hahah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya, pas banyak uang mah kalap :D

      Delete
    2. pas banyak mah biasanya nggakmikir lgi untuk akhir bulannya gimana

      udah keburu habis di awal bulan ckckc

      Delete
  13. Perjuangan yang susah, hidup uang receh :v. Mungkin ada yang kaya gue, punya celengan isinya uang receh semua, gak tau kalau udah penoh, mungkin gue akan capek buat isolasi semuanya.
    Baru tau gue bisa beli bensin cuma 5rb, gak diketawain apa sama orang SPBUnya atau orang-orang dibelakang? :v Udah gak sampai 1 liter lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa recehan di celengan, biasa.. kalo lo nabung receh di bank greget juga :v
      Pas gue mau beli sih gak ketawa, gak tau deh kalo pas gue udah pergi dari situ wkwk. Iya gak sampe 1 liter yang penting mah sampe rumah dulu :D

      Delete
  14. Sedihnya jadi perantau, Belajar irit malah jadi medit sama diri sendiri... simpel aja sih, cari teman cowo buat jadi ojek zone (bukan pacar) hahaha, biar ngga pusing isi bensin... Pembalut di daur ulang (cuci kalo bisa) soalnya gue blm pernah Pms, sering seringlah puasa senin kamis... dan siapkan Promaag dimanapun kau berada...

    ReplyDelete
  15. Kalau lagi period, pembalut habis, rasanya memang sesuatu banget ya, hehehe :)

    ReplyDelete
  16. haha, duit receh ternyata penolong disaat kepepet, jadi klo ada duit receh mending disipen di tempat aman sebagai infestasi ya, jadi klo udah banyak nanti bisa kita ambil.

    ReplyDelete

Cieee yang udah bacaaa :v Terimakasih :)
Kolom komentarnya jangan dianggurin dong.
Tapi sebelum komen pastikan kepalanya dingin, kalo panas kompres dulu pake es batu yaa.