Monday, August 24, 2015

Limit Fungsi Trigonometri

Wohooo jangan kabur dulu wankawan! Gue bukannya mau ngejelasin rumus-rumus trigonometri (karena gue sendiri juga gak ngerti). Gue cuma mau cerita tentang berkah dari materi limit trigonometri. Gak percaya kalo trigonometri ini bisa membawa berkah bagi gue? Sama, gue juga. Wkwk. Tapi inilah ceritanya...

Kamis kemaren kemarennya lagi, kelas gue kedatangan guru baru matematika peminatan,
menggantikan guru yang lama. Di hari pertama beliau mengajar, para ancient (gue dan temen sekelas gue) memaksa guru ini untuk perkenalan terlebih dahulu. Mengingat ada pepatah yang mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta, tak cinta maka tak jadian, tak jadian makanya ente jomlo wan! Wkwk.

Pas sesi perkenalan ini para ancient mulai kehilangan stok pertanyaan padahal jam istirahat masih amat sangat lama dan guru ini juga udah ngebet pingin ngajar. Sampe akhirnya ada seseorang yang nyeletuk di tengah keheningan.
"Cerita pas bapak ngajar di sma tumijajar aja pak!"
Akhirnya ada yang nanya pikir gue. Pertanyaannya butuh jawaban yang panjang lagi. Para ancient pun mangut-mangut.
"Yakin? Yaudah bapak cerita ya. Dulu, pas hari pertama bapak ngajar disana, bapak perkenalan dulu juga. Pas hari kedua baru mulai KBMnya"
"Samain aja pak sama disini."
"Nah bapak ngajar materinya limit trigonometri."
"Wah sama pak materinya."
"Terus pas hari kedua itu bapak mulai ngejelasin materi itu.. kayak gini.."
Dan bapak itu mulai menulis di papan tulis. Kami yang baru tersadar tekena jebakan batman ini langsung rusuh seketika.
"Wuuuu apalah bapak ini!"
Dan beliau cuma masang muka troll seolah-olah berkata "Problem?"
Hari pertama ini ditutup dengan PR sebanyak 4 soal.

Mengingat dan menimbang kalo sabtu kemaren kemarennya lagi para ancient bakal ulangan kimia, akhirnya kami memutuskan untuk tambahan les di bimbel "gajah" jam 14.30. Dan setibanya di sana ternyata kami salah jadwal, seharusnya tambahan jam 16.30. Untuk mengisi waktu 2 jam kosong itu akhirnya kami memilih untuk tambahan matematika. Dan saat itulah gue baru inget sama PR matematika. (Gimana mau inget, nyatat soalnya aja kagak -_-)

Kami mulai membahas soal PR itu (sebenernya yang bahas cuma gurunya sih). Nomor 1, 2, 3 dikerjakan dengan lancar oleh guru, dan kami juga dengan lancar mencatatnya. Hingga di soal terakhir kami(baca:guru) mengalami kesulitan. Kami juga mulai berhenti mencatat.
Bu Guru ini dan 2 orang dari kami (sebut saja Iqbal dan Felik) masih berkutat dengan soal terakhir itu. Sementara gue dan lainnya mencari topik yang lebih menarik sembari menunggu hasil buah pikiran mereka. Haha. Gue yang lama-lama penasaran, akhirnya gue minta soal dari temen gue. (Karena gue gak nyatat soalnya-_-).

1-3yang udah dijawab


Setelah melihat soalnya, gue mangut-mangut dulu, siapin pulpen dan kertas coretan, masang muka sok mikir. Satu-satunya hal yang bisa diandelin dalam situasi seperti ini adalah google. Jadi gue mencari apakah ada sifat untuk (sin^4 x - cos^4 x). Dan hasilnya adalah 2cosx. Tapi setelah didiskusikan lagi dengan guru, ternyata itu salah. Dasar informasi di internet ini gak bisa langsung dipercaya. Gue mencoba mencari lagi. Tapi ternyata gue dan ketiga orang ini mempunyai pendapat yang berbeda. Mereka ingin menyelesaikan dengan bagaimana cara membuang x^2 pada penyebut. Sedangkan gue bingung bagaimana cara menjadikan pembilangnya pangkat 2 atau 3.

Akhirnya jam tambahan pun selesai tanpa ada penyelesaian. Dan kami move on ke pelajaran kimia.
Sampe di rumah, gue yang masih penasaran setengah mampus, mencoba lagi menyelesaikan soal terakhir tadi. Persetan dengan ulangan kimia besok, lagian gue udah belajar pas tambahan tadi (tapi tetep aja gak ngerti sih-_-). Gue coret sana coret sini sampe pusing sendiri (cieee sendiri :3). Ntah ini emang soalnya  yang susah, apa guenya yang tambah bego. Rasanya gue pengen lambaiin tangan ke kamera cctv, tapi gak ada cctvnya. Lama-lama gue menyadari kalo mungkin aja ini salah soal. Akhirnya gue nanya ke salah satu grup matematika di fp.


 



Karena gak juga ketemu jawabannya, mending gue mencoba tidur dengan damai, daripada gue jadi kesel terus jadi zombie terus gigitin kepala orang satu-satu -__-

Paginya gue ulangan kimia. Gak usah dibahas, karena gue cuma bisa jawab 6 soal dari 10 soal. Gue berdiskusi lagi dengan Felik dan Iqbal tentang soal terakhir itu. Ternyata mereka juga belum menemukan jawaban. Gue mengemukakan pendapat gue bahwa itu salah soal, harusnya - jadinya +. Mereka geleng-geleng gak yakin. Gue yang ngasih tau juga yakin gak yakin.
Baru kali ini gue nungguin guru masuk lebih awal, biasanya sih gue berharap guru gak usah masuk. Akhirnya gurunya dateng ke kelas dan langsung menanyakan perihal PR.
"Belum selesai pak. Nomor 4 susah tau pak." Nih satu kelas kompak aja kalo urusan ngeles gini.
"Iya pak, gak ketemu jawabannya." Kata temen gue satu lagi nambahin.
"Temen kamu gak nemu jawaban, apa kamu yang gak nemu jawaban dari temenmu. Kumpul ayo sini!"

Semua pada berebut ngumpulin. Gue yang panik gara-gara belum nulis soal nomor 4, gue sisipin aja kertas coretan gue. Berharap setidaknya ada nilai tambahan upah nulis. Pas gue maju buat ngumpulin, gue sempat nanya.
"Pak, soalnya gak typo ya pak?"
"Typo apa?"
"Itu pak, kalo ujungnya +2 gak ada jawabannya pak. Kalo -2 baru ada pak."
Beliau cuma diem aja tetep ngambilin PR yang dikumpul. Gue dengan penasaran kembali ke tempat duduk dan beliau berdiri dari kursinya.
"Emang bapak nulisnya +2 ya?" Beliau nanya ke para ancient.
"Iya pak."
"Semuanya nulis soal dari papan tulis atau ngeliat punya temennya?"
"Dari papan tulis pak!" Semua menjawab kecuali gue pastinya.
"Ya, sebenernya itu -2 , bapak salah tulis."
"Huuuu"
"Nah, coba kerjakan. Kalo dalam waktu 5 menit, 1 orang tercepat ada yang benar di kelas ini, dia boleh gak ikut ulangan dan dapet nilai B+. Kalo ada 2 orang tercepat benar, keduanya dapet nilai B."
Dan dengan semangat 45, para ancient mulai mengerjakan. Gue lirik kanan gue, tempat Felik dan Iqbal berada. Takutnya mereka udah duluan ngumpul. Wkwk. Dan karena gue dari semalaman mikirin soal ini, gue bisa mengerjakan soal ini kurang dari 5 menit. Beliau memeriksa hasil kerjaan gue dan yang lainnya pada nyeletuk.
"Bener ya pak?"
"Gak tau."
"Yaelah, masa gak tau bapak yang buat soal."
"Serius bapak gak tau, belum bapak coba. Kalo ada yang mau liat lembar jawaban Danti silakan."
"Ah, biasanya salah kalo kayak gitu mah."
"Waduhh, salah ya pak?" Akhirnya gue buka suara. Kayaknya gue bakalan tetep ikut ulangan.
"Gak tau."
Setelah ternyata gak ada lagi yang mau ngumpul, beliau mengembalikan lembar jawaban-coret-kertas coretan ke gue. Beliau mulai mengerjakan soal di papan tulis. Dan ternyata hasilnya sama dengan gue, 0, walaupun caranya sedikit berbeda. Memang dasar guru ini menipu sekali, tau gitu kan mending satu orang dari yang lainnya nyalin jawaban gue. Biar gue punya temen buat nongkrong pas gak ulangan.


Dan begitulah akhir dari cerita -yang mungkin- rada lebay ini. Ulangan limit trigonometri akan dilaksanakan besok dan gue malam ini gak belajar, jadi nulisin cerita ini doang. Sebenernya gue boleh milih ikut ulangan, tapi nilainya akan dibagi 2. Gue melilih untuk gak ikut ulangan karena gue gak mau menyia-nyiakan berkah ini dan gak mau ngambil resiko kalo misalnya nilai ulangan gue kurang dari B+. Oya, B+ ini setara dengan 3,33 atau 85-89 dalam KTSP. Jadi, gue harus benar 8,5 dari 10 soal kalo gak mau nilai gue turun dari yang semestinya. Gue rasa itu imposibruu bagi gue yang pinternya cuma kebetulan dan kurang teliti ini.
Mungkin besok pagi gue akan pergi ke perpus, duduk, terus wifi-an. Mungkin suatu saat beliau akan menyesal memberikan nilai cuma-cuma  kepada murid yang salah.... Wkwk.

6 comments:

  1. Judulnya kali ini serem banget ya.... :v

    Kyaknya guru mtk lu yg baru ini asik jg yaa..
    Emg guru mah suka gitu, suka nipu, pdhal kita bener, tp dibuat seolah2 kita ini selalu salah :') ah, yasudahlah, kok jadi baper? Yg penting lu dpt nilai bagus jg kan tuh? Gue gak ngerti deh penilaian kurikulum baru, maklum anak KTSP. :D haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serem emang, lebih serem lagi kalo yang ngajar genderuwo :D
      Iya, dikit-dikit asik, dikit-dikit ulangan wkwk. Jadi siswa mah gitu, selalu salah, contohnya aja kalo siswa telat dihukum, guru telat kagak diapa-apain wkwk.
      Sebenernya gue tetep ikut ulangan sih, soalnya bapak itu bilang kelas sebelah ada yang dapet 100. Wkwk jadi terpengaruh deh. Wkwk dasar labil emang. Untung hasilnya gak bikin nyesel.

      Delete
  2. Dari dulu entah kenapa saya sensi banget yang namanya matemtika apalagi yang aljabar dan kawan-kawannya yang udah pake sebagai simbol dala perhitungan.
    Trigonometri, saya malah lupa-lupa inget.loh kok Baper yah -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya juga kadang sensi, kadang semangat juga sih tergantung materi dan guru yang ngajar. Kok pada baper gini ya, gue kan gak nyeritain tentang mantan wkwk

      Delete
  3. walah... judulnya horror abis. anak ipa kan? nggak heran..
    untung pelajaran pertama gue di kelas 12 ini adalah... matriks. jadi, ya gak terlalu sulit. gurunya baik, kasih bab yang gampang duluan. jadi ulangan gue juga oke, cuma kali-kalian ordo 2x2 pula....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sebenernya pelajaran kelas 11 semester 1. Tapi karena sistem SKS gitu jadi sekarang belajarnya. Enak juga gurunya pengertian wkwk. Matriks mah ngaliinnya harus teliti, apalagi yg ordo 3x3. Kalo gue orangnya kurang teliti jadi gue sering salah.. wkwk

      Delete

Cieee yang udah bacaaa :v Terimakasih :)
Kolom komentarnya jangan dianggurin dong.
Tapi sebelum komen pastikan kepalanya dingin, kalo panas kompres dulu pake es batu yaa.