Wednesday, November 29, 2017

TIDAK ADA ALASAN UNTUK MALAS KULIAH

Pernah gak sih kalian, para mahasiswa atau mahasiswi generasi penerus bangsa ini, merasa mager banget buat pergi kuliah? Hmmm, gak ya? Yaudah deh berarti gue deh satu-satunya manusia yang pernah mager-an buat kuliah.

Hari ini, Selasa, 28 November 2017 merupakan hari saat tingkat kemageran gue sudah mencapai titik maksimum. Bukannya gue gak tertarik dengan departemen (baca: jurusan) gue, merasa sok pinter, atau merasa mata kuliah itu gak penting. Rasa mager itu tiba-tiba aja dateng, bahkan laporan gue masih belum diselesain padahal udah deadline banget. Salah banget, nggak sih? Gue tahu itu salah banget tapi tetep aja mager. Ada apa dengan gue sebenernya? Mungkin karena kuliah hari ini jam 7 atau karena pagi itu hujan atau karena dosennya udah 2 kali PHP gak hadir di kelas? Gua rasa itu gak bisa dijadiin alasan. Temen-temen gua yang lainnya sanggup hadir kuliah. Kok gue nggak? Whyyyyyy?


Penyakit mager ini sebenernya udah sering (selalu) terjadi, dan pernah memuncak saat masih tingkat PPKU dulu, gue pernah gak hadir kuliah selama  seharian. Kalo dinilai dalam bentuk persen, tingkat kemageran harian biasa gue sekitar 30-50% namun dalam kasus atau kejadian luar biasa ini, tingkat kemageran gue bisa mencapai 110%. Dan sekarang hal itu kembali terjadi di semester 3 mendekati UAS ini. Selama masa mager, gue gak ngerjain apa-apa (bukan mager namanya kali kalo ngapa-ngapain mah). Cuma melamun gak jelas, tidur, bangun, buka laptop, tidur lagi dan begitu seterusnya sampai hari itu habis. Sangat unfaedah sekali.

Setelah ditelaah lebih dalam lagi, ternyata gue masih belum bisa menemukan penyebab kemageran gue yang dateng secara tiba-tiba ini. Kalo kata orang-orang cinta bisa dirasakan dengan tiba-tiba tanpa alasan, maka mager juga bisa diibaratkan seperti itu. Berhubung ini merupakan penyakit jiwa yang tidak bisa ditemukan obatnya di apotek dan belum juga ditemukan pada ide PKM, maka gue mulai membuat beberapa alasan yang harus gue BACA kalo kejadian mager luar biasa ini terulang kembali. Remember this post, Dan!

1. Ingat UAS
"Saat mager menyerang dan gue gak ikut kuliah, gue bakalan tertinggal materi kuliah." Bukan itu sih sebenernya yang jadi masalah. Justru yang harus gue pikirin apakah gue bisa ikut ujian? Ketika presensi gue gak lengkap tanpa alasan, kemungkinan gue bisa dicekal dari daftar peserta ujian kalo dosennya strick banget. Itu artinya gue bakal gagal tanpa perjuangan, kalah sebelum berperang, dapet nilai E dan dijamin bakal ngulang semester depan. Gak mau kan ngulang bareng adek kelas? Gak mau kan telat lulus cuma gara-gara alasan "mager berangkat kuliah"?

2. Ingat Doi
Eh kok jadi bingung sendiri ngasih penjelasannya. Kan gue gak punya doi, gimana sih? Lagian di kelas kagak ada yang mirip Mingyu sih. Hahaha (di tabok masal).

3. Ingat Teman
Gue punya temen yang kontrakan dan departemen (baca: jurusan)-nya sama kayak gue. Temen-temen kontrakan gue ini udah manggilin gue dari luar, ngebangunin gue dari luar karena kamar gue emang dikunci. Gue yang sebenernya memang melek cuma bisa bilang mager ke mereka. Dikira tidur ya padahal gue lagi mager. Duduk depan meja melamun gak jelas. Bahkan untuk ngebuka pintu yang jaraknya cuma 2 meter dari tempat gue rasanya mager. Saat di kelas kedua juga mereka nelponin dan chat gue berkali-kali bahkan sambil ngedumel ke gue, bilang kalo kuliah itu dirapel jadi dua kali tapi karena gue baru liat HP setelah jam 11.40, dan saat itu gue rasa kelasnya udah berakhir, jadi gue bales chat mereka dengan kata mager. Setelah masa mager gue selesai, gue jadi nggak enak habis nyuekin mereka. Udah gitu mereka malah ngambil resiko dengan memalsukan daftar hadir gue alias TA (Titip Absen). Gak cocok juga sih dibilang TA karena gue gak nitip absen, gue mah pasrah aja mau kosong tuh presensi terserah ae. Apa mereka khawatir sama gue, takutnya gue kena cekal ujian? Apapun alasannya menurut gue mending gak usah titip absen daripada membahayakan diri sendiri. Kalo ketahuan resikonya lebih parah daripada gak hadir kuliah, temen gue yang TA-in gue bisa dapet sanksi nilai E juga. Makanya, Dan, inget jangan pernah mager lagi ya, takutnya temen lu yang kena imbasnya.

4. Ingat Rakyat
Gue bisa kuliah di sini karena beasiswa, itu uang rakyat yang dipake buat biaya kuliah. Bayangin UKT Rp 2.400.000 per semester yang ada 8 matkul dan ada 14 pertemuan per matkul (mata kuliah). Artinya tiap pertemuan sama dengan bayar Rp 21.429. Kalo mager seharian dan ada 3 matkul di hari itu, artinya gue udah buang uang rakyat Rp 64.287. Mau dibilang koruptor? Mau disamain sama tikus berdasi?

5. Ingat Orang Tua
Nan jauh di sana ada keluarga yang menanti gue pulang dengan gelar sarjana dan pekerjaan yang layak. Kalo mageran gini terus kapan bisa jadi sarjana, perlilaku aja masih begini, boro-boro dapet kerjaan. Kalo ibu tau kelakuan kayak gini, pasti dia kecewa banget :(

6. Ingat Allah
Ini kewajiban danti, jangan lalai ya, mau ngomong apa di depan Allah nanti?

Mudah-mudahan ini bisa jadi reminder buat gue.

#AyoSemangat
#AntiMager

No comments:

Post a Comment

Cieee yang udah bacaaa :v Terimakasih :)
Kolom komentarnya jangan dianggurin dong.
Tapi sebelum komen pastikan kepalanya dingin, kalo panas kompres dulu pake es batu yaa.