Saturday, February 27, 2016

Bulan-bulan Penuh Ujian

Kepala gue lagi pusing banget. Minum obat sakit kepala gak mempan. Entah itu karena uang di dompet gue tinggal 2000 perak lagi (Gue sebut perak di sini karena uangnya emang logam). Entah karena kasur gue dipipisin sama Azue, kucing peliharaan sodara gue. Gue bingung mau jemur kasurnya gimana. Masalahnya ini kasur bukan yang dalamnya isi kapuk kayak di kampung. Ini spring bed. Bayangin aja gimana cara gue ngangkatnya. Gue bukan titisan Aderai. Untuk sementara gue lap sampai kering terus gue semprot kispray dan baygon. Buat bunuh kucingnya-coret kuman-kuman yang mungkin melekat. Gak tahu dah beneran ngefek apa gak. Soalnya kan baygon tuh buat bunuh nyamuk sama serangga. Intinya Azue jahat banget sama gue. Huhu

Yang lebih bikin pusing lagi sebenernya pasca LUN ini. Setelah diperiksa bersama, ternyata banyak jawaban gue yang salah. Gue sih gak masalah kalau yang salah itu emang materi yang belum gue pelajari secara mendalam. Tapi kebanyakan yang salah ini karena gue yang gak teliti. Huhu. Mungkin ini gara-gara mata gue. Aih, minus mata gue nambah mulu. Jangan-jangan udah minus 7 pula. Abis ini gue mau periksa sama ganti lensa kacamata. Tulisan di papan tulis udah gak keliatan lagi. Kasihan temen sebelah gue, tiap guru nerangin gue nanya terus, "Eh, itu tulisannya apa ya?". Udah gitu gue sering ngutang ke dia. Maafin gue ya.
Oiya, akhir-akhir ini sering mati listrik pula. PLN gak seneng bener lihat penerus bangsanya lagi belajar. Gak tau gue cuma modal korek gas yang ada lampunya apa. Entar gue mau beli lampu buat belajar lah. Motor gue perlu ganti ini itu pula, udah nyampe 25000 km. Eh, kok pengeluaran bulan depan banyak amat ya? Eh, kepala gue makin pusing aja.
Bulan-bulan ini penuh ujian. Selain pengeluaran yang makin banyak, harga sembako naik karena musim hujan, banjir, teroris, utang luar negeri nambah, rupiah melemah, investor mulai menarik diri dari Indonesia, penganguran semakin meningkat, kriminalitas merajalela, kopi sianida, muncul penyakit LGBT dan ujian-ujian lainnya yang sedang menimpa negeri ini. Semoga kita bisa melaluinya dan mengatasinya. Aamiin.
Itu ujian buat negeri kita. Gue belum sampai situ ilmunya. Saat ini masih banyak ujian yang harus gue lewati sebelum menjadi generasi yang mampu membangun bangsa (Anjay, jadi sok gini gue. Wkwk). Ujian yang harus gue hadapi ini namanya beneran ujian yang sebenarnya. Ujian Praktek, Ujian Sekolah, Ujian Nasional, Ujian Masuk PTN. Aduh, makin lama ngetik ini makin pusing aja.
Karena ini judulnya Bulan-bulan Penuh Ujian, maka gue akan menguraikan bulan demi bulan beserta ujian apa saja yang ada pada bulan itu.
Januari
Di mulai dari tanggal 4 masuk sekolah, kami terkaget-kaget dengan kedatangan para mahasiswa, alumni sekolah, yang datang untuk sosialisasi tentang kampusnya. Gue merasa masih jadi junior yang unyu-unyu minta ditampol ternyata udah mau lulus. Ini adalah salah satu tanda-tanda ujian dimulai. Alumni yang datang bukan hanya untuk sosialisasi, melainkan juga promosi untuk acara Try Out SBMPTN yang mereka gelar. Entah berapa keuntungan yang meraka raup. Tapi gue secara pribadi mengucapkan terima kasih atas kehadiran kakak-kakak dan soal-soal yang udah bikin gue semangat.
Pertama, tanggal 10, gue ikut TO STAN, dapet peringkat ke-6. Scorenya gak tinggi. Itu karena yang jago-jagonya belum tampil.
Kedua, tanggal 17, gue ikut TO SBMPTN ITB, dapet peringkat ke-76. Passing gradenya gak nyampe jurusan yang gue mau.
Ketiga, gue ikut TO UN yang diadain bimbel. Nilai lulus dengan predikat cukup. Masih jauh dari target.
Keempat, tanggal 31 gue ikut TO UI. Peringkat ke-600. Gue kelempar jauh. Jelas PG-nya kecil.
4 kali ujian gak ada yang hasilnya keren. Parah emang.
Februari
Di bulan ini gue mulai lihat coklat 1 kg nangkring di depan kasir Alfamart. Gak masalah, gue jomlo yang udah kebal ujian macam ini. Gue harus fokus ke ujian yang sebenarnya.
Dimulai dari tanggal 7 gue ikut TO IPB. PG cuma dapet 20%. Soalnya terlihat bikin semangat, tapi waktu itu gue dateng telat. Sisa waktu tinggal 45 menit. Alhasil gue cuma ngerjain TKPA, materi andalan. Daripada ngerjain yang SAINTEK. Susah. Tapi gak apa-apa telat, gue masih bisa lihat Uus dan Budi Doremi tampil sebgai bintang tamunya. Wkwk.
Tanggal berapa gue lupa, gue ikut TO UN bimbel lagi. Peringkat ke-36, gue kalah 2 angka dari temen gue yang suka balap-balapan nilai. Yowis, gak apa-apa kalah, yang penting tetep songong.
Tanggal 22, gue ikut LUN, nilai belum diketahui tapi firasat gue udah gak enak. Apalagi pas guru gue bilang kalo LUN ini bakal dijadiin buat nilai rapor. Hancurlah hati hayati. Gara-gara LUN ini gue sadar kalo teknik belajar gue salah, gue terlalu fokus ke SBMPTN. Gue baru nyicil materi awal Fisika dan Matematika 60%. Materi-materi terakhir belum gue pelajari. Apalagi Kimia dan Biologi sama sekali belum gue pelajari secara mendalam. Modal mengingat-ingat kenangan doang. Kalo Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris gue pasrah aja. Inshaa Allah waktu H-37 ini masih cukup buat mempelajari seluruh materi.
Oya, di bulan ini juga gue udah mulai ujian praktek kimia dan penjas. Udah simulasi UN CBT. Mulai sibuk juga buat SNMPTN dan baru ngajuin Bidikmisi. Semoga diterima. Aamiin.
Maret
Bulan ini belum gue lalui, tapi jadwal ujian sudah terpampang di depan mata.
Tanggal 2-5, gue bakal ikut TO UN bimbel lagi.
Tanggal 14 itu jadwal US.
Entah tanggal berapa, yang pasti ujian praktek ada di bulan ini.
Di bulan ini sibuk daftar SNMPTN. Mungkin juga daftar PMDK-PN. Gue tertarik sih ikut PMDK, tapi gue pesimis duluan gara-gara gue gak punya sertifikat pemenang lomba. Apa yang gue kerjain selama kelas 1 dan 2, gak aktif ikut lomba-lomba. Nyeselnya baru sekarang. Eh, kalau pun ikut juga belum tentu menang. Orang tua gue juga kayaknya kurang bangga dan bahagia kalo gue ngambil D3. Padahal mah yang penting mah gaji kerjanya nanti. Tapi mungkin ini cita-cita orang tua gue yang cuma tamatan SMA. Gak ada salahnya lah membahagiakan kedua orang dua.
Di bulan ini juga mungkin giliran Perguruan Tinggi Kedinasan yang ngadain TO, semacam PKN-STAN dan STIS. Kalo yang ini gue wajib ikut. Soalnya gue berminat juga.
April
Di bulan ini ada yang paling ditunggu yaitu UN tanggal 4. Setelah itu ikut super intensif buat SBMPTN. TO-TO masih bertebaran.
Mei
Ini lebih ditunggu lagi karena tanggal 10 itu pengumuman SNMPTN. Syukur-syukur kalau lulus, ujian bisa berakhir. Kalau gak, ya ikut SBMPTN tanggal 31. Atau mungkin ikut USM sekolah kedinasan.
Juni
Di bulan ini ujian masih belum berhenti. Kaum-kaum yang harap-harap cemas, bingung, putus asa mulai bermunculan. UMPTN mulai menawarkan diri. Disini gak cuma harus mikirin soal. Tapi mikirin uang masuknya gimana. Mungkin ini bulan yang terberat. Apalagi bagi gue yang ulang tahun gak pernah dapat surprise. Berat bruh rasanya. Tapi syukurnya bulan terberat ini akan terasa lebih bermanfaat dan berkah karena bertepatan dengan Ramadhan.
Begitulah bulan-bulan penuh ujian. Belum termasuk datang bulan juga. Cukup sampai Juni aja karena SPP yang harus dibayar juga sampai bulan Juni. Padahal pertengahan April nanti gue gak sekolah lagi.
Apapun ujiannya, satu pesan dari Gin-chan, just do it! Because we must do it! Walaupun nunda satu tahun juga kita tetep must do it! Kecuali kalau gak mau dapet ijazah. Wkwk

12 comments:

  1. Anjir ini jadwal lu padet banget, terencana lagi. kalo gue mah bisa apaan :3
    Jangankan ngatur atau nyusun jadwal, ngatur perasaan aja susah ~ halah.

    btw, sukses buat semua ujiannya ^^

    ReplyDelete
  2. Jadwal padat semangat tetap memuncak bro
    sukses untuk impiannya tahun ini

    ReplyDelete
  3. wah jadi inget zaman-zaman SMA, ketahuan tuannya nih hehehe.... zaman-zaman begini nih zaman yang nggak bakal dilupain, pas nanti udah kuliah bakal kangen, jadi jangan sia-siain momen sekarang ini.

    ReplyDelete
  4. mangat miiii mangat untukmu dan untukku dan kelas kita hahaa...padet gtu ya mi kalo dijabarin atu atu wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Semengat untuk impiannya tahun ini. Semoga tercapai semua yakh~

    ReplyDelete
  6. Nasib kita sama. Diberikan Ujian yang bertubi-tubi. Beginikah rasanya kelas 3 SMA? Kenapa dulu SMA gak dibuat 6 tahun aja ya? Biar puas ngerasain masa SMA. Rasanya kayak baru diterima di SMA, eh udah bentar lagi mau lulus. Nilai TO gue juga nggak memuaskan. Semoga kita diterima di Universitas dan Prodi yang diinginkan. Aamiin. Biar cepet nyantai, tinggal refreshing..

    ReplyDelete
  7. 4 paragraf diawal sungguh random sekali ya pembahasannya wkwk

    Wah semangaat buat kamu yang mau menempuh UN, semoga keterima di universitas yang diinginkan yaa

    Btw masuk IPB aja, alumninnya ganteng-ganteng kayak gue wkkw

    ReplyDelete
  8. kayaknya banyak banget kegiatan. tapi bersyukurlah. kadang temen gue yg ga ada kegiatan apa'' malah jadi bingung sendiri loh.
    eh, LUN itu apaan dah? lembaran ujian nasional? dulu soalnya gue ga ada UN gtu sih di sekolahan gue. hehehe, gaul yak sekolahan gue.

    dari bulan feb ini udah penuh banget, dan empat bulan ke depan masih sibuk. semangat!!
    senior'' lu, lebih dulu ngerasain hal yg sama kayak yg elu rasain sekarang.

    ReplyDelete
  9. Ampun.. Jadi makin stress gue mikirin kuliah. Harus un lagi... Terus ngetasain bangku kuliah.. Rasanya belum siap lepas dari seragam.

    ReplyDelete
  10. hmm kamu mau UN yah dek ? wah semangat yah belajarnya jangan malas-malas. Saya juga sebenarnya mau UN juga loh, iya Ujian Nasional untuk masuk ke hati kamu #SekAahh

    mata kamu minus 7 yah hmm kasian yak kamunya, kalau saya sih cuman minus 1 dek, iya minus kamu doang :) #SekAahhJilid2

    yah apapun halangannya, apapun rintangannya tetep jalanin dek, JUST DO IT *niruin gaya shia labeouf yang di yutub*

    ReplyDelete
  11. wah mau UN ajah ribet gitu yah..
    .
    sebenrnya ujian yang sebenarnya itu ada setelah kamu kuliah dan lulus dari perkuliahan. akan ada banyak masalah disetiap harinya, tapi selama kita menyikapinya dengan baik dan positif tentu masalah dan ujian itu bisa kita bikin jadi kebahagiaan, bisa kita atasi..


    ..
    ..
    itu..

    ReplyDelete
  12. Minus 7? Yakin tuh? Saya juga sama sih, dulu duduk di belakang dan suka ga keliatan dan pasti ujung-ujungnya nanya temen haha. Btw bener tuh quotenya bang Gintoki :3

    ReplyDelete

Cieee yang udah bacaaa :v Terimakasih :)
Kolom komentarnya jangan dianggurin dong.
Tapi sebelum komen pastikan kepalanya dingin, kalo panas kompres dulu pake es batu yaa.