Tuesday, June 16, 2015

Momen Absurd di Bulan Ramadhan

Gue seneng Ramadhan kali ini di bulan Juni, bulan kelahiran gue. Azeek. Padahal dulu pas SD, Ramadhan sekitar bulan Oktober-November. Makin maju aja. (Iyelah, perhitungan tahunnya aja beda nyong!)

Gue mulai puasa sebulan penuh dari kelas 3 SD. Gue pas SD juga rajin sholat di masjid. Beda sama sekarang. Mungkin karena dulu gue baru hafalan shalat di sekolah sama efek dibeliin mukena baru sama ibu wkwk. Yang baru itu emang bikin semangat. Pas kelas 2 SD gue pernah puasa setengah hari. Nah, hari pertama gue puasa setengah hari itu gue pergi shalat maghrib ke masjid. Gue duduk di barisan depan sambil nungguin azan. Ada bapak-bapak yang bukain tirai pembatas dan dia ngomong ke gue.

"Nak, puasa ya?"
"I-iya ..." gue rada bengong.
"Oh, tunggu sebentar ya.."
"E.." gue bengong lagi, baru mau ngejelasin kalo gue puasa cuma setengah hari tapi bapak itu udah pergi. Terus bapak itu dateng lagi sambil nyodorin kurma 2 biji sama aqua gelas. Yaudah, gue terima dengan senang hati wkwk. Kan gak baik nolak rezeki :v

Di SD juga gue sama temen-temen gue sering bawa makanan pas shalat tarawih. Biasanya sih sebelum pergi ke masjid kami mampir dulu ke warung buat beli mie instan sakura yang dulu harganya cuma 500 perak, dijadiin mie kremez :v (Sekarang makanan legend ini udah punah mungkin). Pernah gue bawa pisang, karena gak sempet cuci mulut. Gue taruh pisangnya di bawah sajadah. Rencananya mau gue makan pas sesi ceramah. Pas gue lagi shalat, ada temen-temen yang lari-lari di depan gue dan... Ceplek. Pisang gue keinjek. Sajadah gue kotor. Abis itu gue langsung pulang ke rumah, dengan mata yang udah bercermin- cermin.

Gue dulu anaknya lumayan pendiem. Disaat yang lain pada ribut pas lagi shalat, gue tetep shalat. Walaupun sering diganggu atau ditarik-tarik mukenanya. Tapi ketika ada orang dewasa yang marah karena berisik, gue juga ikutan dimarah. Kadang kalo masih ada tempat gue milih di barisan depan yang banyak nenek-neneknya. Biar gak diganggu.

Pas kelas 1 SMP, Ramadhan bertepatan dengan musim duku. (Gak kebalik tuh? :v). Gue sama sepupu gue ngambil duku sekantong gede dari kebon. Sepupu gue yang nyetir motor, gue pangku kantong dukunya di belakang. Di perjalanan gue asyik ngunyahin duku sambil tebar kulitnya di jalan. Tapi gue heran sepanjang perjalanan kok orang-orang pada ngeliatin gue? (Mungkin karena gue mirip Maudy Ayunda kali ye #hachiim!). Gue pikir karena gue buang sampah sembarangan jadi kulitnya gue kantongin. Tapi orang-orang tetep aja ngasih tatapan membunuh ke gue. Lama-lama, akhirnya gue sadar...
"Cuihh, cuiih" gue ngeludah sekenceng mungkin dari atas motor. Untung gak ada orang lewat yang kena ludah gue. Bisa-bisa dia jadi kaya mendadak.
"Woii, ngapain lo ngeludah?" kata sepupu gue.
"Astaghfirullah," kata gue. "Gue udah makan duku 5 biji di depan umum pula. Gue kan puasaaa."
"Oiya, kita puasa ya, padahal tadinya gue mau minta juga" kata sepupu gue sambil tetep nyetir motor.
"Njirrr..."
Dan gue cuma bisa mensyukuri kekhilafan gue. Untung gak gue abisin tuh duku sekantong :v

Ngenesnya Ramadhan gue rasain pas gue baru masuk SMA. Libur sebelum masuk Ramadhan gue sengaja gak pulang kampung. Liburnya cuma dikit sih. Terus karena masih awal-awal di kota, masih ingin menikmati suasana baru. Dan juga belum tahu gimana kejamnya hidup jauh dari keluarga, apalagi pas bulan puasa. Gue tinggal bertiga sepupu gue. Cewek semua, menghuni rumah yang baru dibangun sama ayahnya sepupu gue. Dua sepupu ini kakak beradik.

Gue yang biasanya sahur dibangunin ibu, agak pusing juga gara-gara sekarang gak ada yang bangunin. Kami bertiga juga bukan tipe orang yang mudah bangun pagi, terutama gue. Jadi kami kadang sahur, kadang gak. Makan juga seadanya, apa yang bisa dimasak sama sepupu gue. Ya, sepupu gue, soalnya gue gak bisa masak :v. Kalo menu buka puasa kami biasa langganan es buah di kampung baru. Pas awal bulan kami beli 1 orang 1 bungkus. Di pertengahan bulan, jadi sebungkus berdua. Biar so sweet gitu. (Alah, alibi basi... #hachiim!)

Ramadhan waktu itu parah abis emang, kelaperan karena gak  sahur udah biasa. Mau bangun sahur, setel alarm jam 3 bangunnya jam 5 :v. Udah imsyak nyong. Karena kebiasaan, gak ada yang bangunin, hidupin alarm gak ampuh, bangun sendiri gak bisa, akhirnya kami memilih sahur sebelum tidur. Supaya gak menderita amat pas puasa.

Pernah suatu ketika gue lagi tidur, gue denger alarm hp. Suaranya keras bener, mau gak mau gue bangun. Gue cariin hp itu biar gue bisa matiin alarmnya, terus tidur lagi. Oke, tujuan gue emang udah sesat dari awal. Gue gak nemu hp itu di kamar. Dengan langkah terseok-seok, rambut acak-acakan, mata merem(yelah gimana cara nyarinya nyong!) gue keluar kamar dan nemuin hp itu di deket TV. Ternyata itu hp sepupu gue dan dia ngidupin alarm jam 3. Mau ngapain coba? Padahal gue sama dia udah sahur tadi malem. Gue coba matiin alarmnya, tapi gue bingung. Kampret emang gue gak ngerti cara mainin hp BB ini. Hp gue kan nokia jadul yang jelas beda banget. Gue pencet satu-satu tombolnya tapi tetep aja bunyi. Akhirnya gue balik ke kamar, bangunin sepupu gue.

Awalnya gue panggil tapi gak nyahut (iyelah namanya juga lagi tidur-_-). Gue tepok-tepok gak juga bangun. Gue guling-gulingin, gue tonjok,tendang (gakjuga sih :3), sampe gue gelitikin kakinya gak juga bangun. Gue taruh hp yang masih bunyi di kupingnya, pas di bagian speakernya. Eh, dia cuma pindah posisi, dari ngadep kiri jadi ngadep kanan. Bazeengg, gue gak tau dia lagi mimpi apaan. Udah deh, gue nyerah aja banguninnya *lambaikan tangan ke kamera*.

Gue mencoba buat lanjut tidur, mengabaikan eksistensi hp yang terus menjerit. Tapi gue gak bisa, rasanya kayak kena tagih utang, gak tenang. Akhirnya gue bangkit, ngambil hp itu dan gue banting ke kasur. Tapi ternyata hpnya masih hidup.
"Hmmm lumayan tangguh, tapi cepat atau lambat aku akan membunuhmu. Huaaahahaha" (Pliss, ini bukan lagi akting jadi pemeran antagonis -_-)
Yah, yang sebenarnya terjadi gue ambil hp itu terus gue buka paksa baterainya. Terus gue pasang lagi dengan rapih, gue taruh lagi hpnya seperti semula, di depan TV.

Besoknya, sepupu gue heran dengan keadaan hpnya.
"Kok mati ya? Padahal semalam hidup, terus batrenya penuh."
Gue cuma bisa mengulum senyum layaknya seorang assassin yang telah melakukan rencana pembunuhan sempurna. Huahaahaha.



"Tulisan ini diikutsertakan dalam Best Article Blogger Energy".

24 comments:

  1. ha ha.. absurd banget ceritanya mbak

    ReplyDelete
  2. Ha..ha..., kasihan dengan hp-nya, jadi korban nih...

    Kalau puasa sendiri memang tidak enak, tdk ada yang kasih bangun kalau sahur, buka juga dengan seadanya. Hiks hiks.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk hpnya gak kasihan sama gue, gak mau diem.
      iya, gue gak tahan puasa jauh dari keluarga, sahur juga sepi, gak bisa request menu buka puasa :v

      Delete
  3. Wakakakak, ngakak mulu njir klo baca cerita lu! XD itu yg paling ngenes pisangnya tuhh.. Gue ksian sama lu, udah ngarep makan pisang... Eh mejret keinjek :'D Guesih udh nangis kejer kali tuh klo jd lu meratapi kemejretan tuh pisang wkwk..

    Itu pas lu makan duku di dpan umum pas bulan puasa untung gak ditimpukin spatu sama warga situ ya? Wahahah :D



    ReplyDelete
    Replies
    1. njirr... lo kbnyakan minum listerin, ngakak mulu :v
      emang ngenes banget tuh pisang, gak jodoh sama perut gue.
      alhamdulillah kagak, mereka lebih sayang sama sepatunya daripada gue. kalo dilemparin ke gue ntar sepatunya kenapa-napa lagi :v

      Delete
  4. Hachiiiiim!!! ... Hahhh... *ngelap ingus*
    gue ketularan bersin nih gara2 baca ini... absurd beneran lah XD
    ngga semua orang loh, termasuk gue, bisa nulis pengalaman ramdhannya dengan apa adanya dan absurd kayak gini, dari saur ampe buka, dari pengalaman merantau sampe pengalaman pertama puasa... kereennn

    ReplyDelete
  5. bagus tuh udah mulai berpuasa sejak kecil...

    kalo gua dua kali puasa ini sih kadang juga sahur, kadang kagak, alhamdulillah masih dikasih kuat puasa meskipun ga sahur. . .

    kirain kalo cewek gitu rajin sahurnya, eh ternyata sama juga, sama2 tukang tidur n susah dibangunin

    ReplyDelete
  6. Haha samaan, gue juga rajin dan taat kalo shalat di masjid. Jika anak-anak lain pergi keluar utk main2, gue malahan shalat tarawih penuh ditambah dengan witir. Juga kalo diganggu juga bakalan tetep diem :v

    ReplyDelete
  7. gue dulu rajin shalat karena rame sama anak anak lain.
    jadi sebelum shalat taraweh biasanya kita main dulu di luar masjid, kadang bakar petasan juga.

    sekarang udah gak karena dah tua jadi nggak mungkin kan main petasan.

    ReplyDelete
  8. kenapa duku ? coba lupanya pas lagi makan nasi padang, kan mantep tuh. haha
    sepupu kamu lumayan keren hibernasinya, ga bangun walaupun alarm udah disimpen deket telinganya -_-

    ReplyDelete
  9. Udah makan duku 5 biji lo gak sadar kalau elo lagi puasa?
    itu sangat-sangat absurd. Ditambah lagi sepupu lo juga mau minta, kayak lo udah sekongkolan buat bukak puasa diem-diem.

    Kenapa pas lupa gak makan es cornetto, kan lebih enak

    ReplyDelete
  10. Waktu gue kecil dulu malah rajin tarawih karna banyak temennya. Biasanya pulang dari tarawih main petak umpet. Keren banget, main petak umpet malem-malem. Nyampe rumah keringetan, dimarahin sama Kanjeng Mami..

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Baca cerita lu yang absurd ini, gue jadi kangen bulan ramadhan zaman SD. Zaman jajan waktu ustadnya lagi ceramah, main polisi maling abis sholat tarawih, main bola abis dzuhur. ah.. sungguh memori yang tak terlupakan.. *sorry curhat*

    Itu ngenes juga ya, yang pisang keinjek temen. Makanya kalo ustad lagi ceramah itu dengerin, jangan malah makan pisang! :D

    ReplyDelete
  13. Sampe segitunya nggak bisa bangun buat sahur. Emang bener" nggak bisa bangun ya? Kalo gue nggak dibangunin ortu, kisah gue mungkin juga bakal mirip kaya lu..

    Yang gue heran, kan lu udah bangun. Muter-muter nyari sumber alarm. Trus kesel bangunin sepupu lu. Kenapa lu nggak sahur sekalian...??

    ReplyDelete
  14. Haha, lucu lah ceritanya. It's Very funny story... Btw, lu lagi pilek? bersin mulu dari tadi... Kalo iya, kita sama #ehem #yangdisanajanganmarah #inihanyapencitraan #okeskip

    Hashtagnya banyak ya? maaf ya, gue lagi suka mager-mageran sih xD

    ReplyDelete
  15. Khilaf itu paling enak ya pas ngunyah duku di tengah jalan. Terus diliatin orang-orang berasa jadi Raisa gitu eh Maudy Ayunda, sama aja sih sama-sama cantiknya.

    Pas sajadah kotor kena pisang aku tau rasanya kok, i know what you feel. Salam kenal ya..

    ReplyDelete
  16. What?! sahur sebelum tidur?? kok gak kepikirran yak... :v
    lucu-lucu tuh cerita puasa pas jaman-jaman SD sampe SMA... tapi, kalo ngomongin puasa pas jaman SD, yang gak bisa gue lupain itu buku ramadhan, gara-gara itu pak ustadz di masjid serasa jadi artis dadakan :v

    btw, kayaknya ini kunjungan pertama gue.. salam kenal ya!

    ReplyDelete
  17. sama mbak ane juga bulan juni lahirnya.,hha,. btw ni cerita absurd bener., asik gue bacanya :D lanjutkan., salam knal.,

    ReplyDelete
  18. ngapain coba sholat terawih bawa makanan -_-

    ReplyDelete
  19. pertama.. itu pasti rasanya kampret banget waktu di mesjid ketika yang lain berisik sedangkan lo nggak berisik tapi ikut dimarahin juga. dan kedua, itu sepupu lo pasti hewan favoritnya kebo :")

    ReplyDelete
  20. Hahaha beberapa ada yang sama absurdnya :D

    ReplyDelete
  21. Gue juga pernah keceplosan makan bakso goreng waktu itu, waktu puasa...
    eh, ternyata waktu lagi ngunyah, gue inget kalo lagi puasa...
    ditelen atau enggak, itu merupakan pilihan yang sulit...
    gue sampe sholat istikhoroh dulu buat nentuin ditelen atau enggak...

    ReplyDelete

Cieee yang udah bacaaa :v Terimakasih :)
Kolom komentarnya jangan dianggurin dong.
Tapi sebelum komen pastikan kepalanya dingin, kalo panas kompres dulu pake es batu yaa.