Friday, May 29, 2015

Cara Menghilangkan Rasa Panas di Tangan Karena Cabe

Pernah ngerasain sensasi kebakar(bahasalampung:makhing) di tangan karena cabe?
Gimana? Mancaap kan rasanya? Wkwk
Gue baru beberapa menit yang lalu merasakannya. Gara-gara ngebelah cabe ijo yang gede-gede itu sebanyak 3 kg buat ayam suwir. Ngebelahnya gak pake papan iris gak pake sarung tangan, kontak langsung dengan kulit tangan. Yah, cereboh banget emang gue ini, soalnya ini udah ketiga kalinya gue kayak gini, tetep aja gak pake sarung tangan. Gue pikir tangan gue udah kebal sama cabe, ternyata nggak. Mungkin keempatkalinya nanti ya -_-

Awalnya gak ada tuh gejala makhing. Tapi menjelang detik-detik terakhir tangan gue mulai kerasa panas. Pas udah selesai, rasa panasnya bukannya hilang, malah makin menjadi-jadi. Gue panik, frustasi, depresi, gue manggil mantan buat ngusir panasnya. Eh, dia malah datang sambil bawa pacar barunya. Mata gue ikutan panas, hati gue kebakar, darah gue mendidih jadinya.  #halah lebay, baper lo hachiim! -_-

Akhirnya gue buru-buru googling cara menghilangkan rasa panas ini, sebelum tangan gue hilang kebakar. Dan gue menemukan beberapa obat yang bisa dilumurin di tangan yaitu :

1. Minyak goreng : katanya sebelum megang cabe harus dilumurin minyak, biar kandungan capsain di cabe gak nempel di tangan. Tapi sayangnya gue udah terlanjur megang!! Akhirnya gue skip cara ini.

2. Sabun cuci piring : astaga, gue udah ada 7 kali nyuci tangan pake sabun tapi tetep aja panas. Intinya gak manjur.

3. Air dingin/air hangat/beras : iya sih panasnya reda kalo dicelupin ke air/beras. Tapi pas diangkat, tangan gue panas lagi. Ini juga gak manjur.

4. Susu : astagaa, mending diminum lah daripada dibasuhin ke tangan. Belum tentu sembuh juga -_-

5. Garam : nah, ini yang terakhir gue coba. Caranya lumurin garam ke tangan terus tangannya panasin di api kompor (bukan dibakar ya-_-)

Setelah mencoba beberapa cara di atas, tangan gue masih panas aja! Karena gue udah capek dan bingung akhirnya gue mencoba untuk tidur sambil bayangin yang iya-iya. Iya! Yang iya-iya. Iykwim wkwk.
Misalnya ngayal menangin tiket konser Taylor Swift di Los Angeles dari cornetto. Gitu. Jangan mikir yang nggak-nggak dong! Haha terserah juga sih, sukanya yang kayak gimana biar cepet tidurnya.

Di antara sadar dan tidak sadar, udah mulai memasuki zona mimpi, gue merasa tangan gue gak panas lagi. Gue pelototin tangan gue. Gile, secepat ini kah sembuhnya? Alhamdulillah. Soalnya dulu sampe pagi gak sembuh-sembuh. Kok sekarang bisa cepet? Luar biasa wkwk

Oiya, sebelum gue mencoba buat tidur, gue nelpon ibu gue, mau nanya obatnya apa. Pas telepon udah nyambung, gue matiin. Berharap ditelepon balik. Maklumlah jomblo gak ada pulsa wkwk. Gua tunggu natapin layar hp.
23 detik.
6 menit.
30 menit.
1 jam.
2 jam.
Sampe sangkakala berbunyi ibu gue gak nelpon balik, sms juga gak. Malah ayah gue yang nelpon (padahal ayah gue posisinya lagi jauh sama ibu). Akhirnya ayah gue ngasih tau obatnya di sms.
"Beli micin harga 1000 trus lumurin di tangan"
Berhubung tangan gue udah sembuh, jadi gue gak mau beli micin. Tapi mungkin lain kali gue coba pake itu.

Hahaha, panjang kali lebar ya gue nulisnya. Pokoknya yang tangannya makhing bisa cobain cara-cara yang gue lakuin di atas. Semoga berhasil ya!

6 comments:

  1. Yaelah:v jari gw sekarang juga lagi kebakar, berarti gw cuma harus ngayal dan tidur yak

    ReplyDelete
  2. Rendam di air garam hangat (-+ 10 menit)....
    Kemudian cuci tangan dengan sabun yg ada antibakterial (lipboy 😀).

    ReplyDelete
  3. Aduh tangan aku masih panas. Semua yang dari gugel udah dicoba. Punya saran yang lebih manjur ga?

    ReplyDelete
  4. Aduh tangan aku masih panas. Semua yang dari gugel udah dicoba. Punya saran yang lebih manjur ga?

    ReplyDelete
  5. Setelah nyoba berbagi cara ternyata bener ilangnya sama tidur wqwq

    ReplyDelete

Cieee yang udah bacaaa :v Terimakasih :)
Kolom komentarnya jangan dianggurin dong.
Tapi sebelum komen pastikan kepalanya dingin, kalo panas kompres dulu pake es batu yaa.