Saturday, January 9, 2016

Terancam Kena Tikung

Malam-malam sebelum tidur itu emang pas banget buat merenung (yang ujung-ujungnya bikin gak jadi tidur). Apalagi buat gue yang udah kelas 3 SMA semester terakhir ini. Tinggal menghitung mundur hari kelulusan. Sebelum lulus, ada berbagai ujian yang menunggu. Setelah lulus pun gak bisa berleha-leha, ada ujian yang lebih warbyasah menanti. Kadang gue bertanya-tanya "Eh, kita udah kelas 3 kah? Perasaan baru 2,5 tahun yang lalu kita MOS."


Ngomongin kelas 3 SMA, selain UN, ada hal yang lebih greget dan lebih bikin galau, yaitu kuliah. Mau jurusan apa? Universitas apa? Biayanya gimana? Orangtua setuju atau gak? Bisa diterima apa gak? Peluangnya besar atau gak? Lo kenapa masih jomblo? ---coret. Dan rentetan pertanyaan lainnya yang bikin kita selalu berpikir apa jawabannya.

Gue sendiri sudah memantapkan hati untuk memilih teknik sipil. Dan sepertinya tidak ada jurusan lain yang gue minati. Istilahnya udah lope-lope banget. Tempatnya pun gue udah punya pilihan di ITB. Yah, ini sih belum mantep. Kelihatannya tipis harapan buat masuk ke situ. Tapi gue terus meyakinkan diri bahwa gue pasti bisa keterima di ITB.

Untuk masuk ITB, ada dua jalur yang bisa diikuti yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Yang SMA pasti tahu lah 2 jalur itu, singkatnya SNMPTN itu undangan dan SBMPTN itu tes tulis. Pasti orang-orang lebih milih bisa diterima lewat SNM. Gue juga gitu. Soalnya yang SBM passing gradenya 56,5%. Gue yang udah 4 kali ikut TO mentoknya dapet 40%. Makanya gue gak yakin bisa masuk lewat SBM, lewat SNM juga gue gak yakin bisa lolos. Ada beberapa hal yang masih bikin gue ragu.

Pertama, nilai-nilai gue dari semester 1-5 itu warbyasah biasanya. Standar banget gitu. Dibandingkan sama temen satu sekolah aja udah kalah saing, apalagi sama sekolah lain.
Kedua, ini yang bener-bener ngeganjel di hati gue. Gue gak punya piagam/sertifikat lomba apapun. Entah kenapa gue merasa kalo gue gak bakal diterima kalo gak punya sertifikat. Tapi kalo gue ikut lomba kalah terus. Hah, gue emang terlalu standar, jadi pelajar yang kurang gaul. Jadi gue mau kasih saran buat adik-adik kelas, aktiflah selama masa SMA kalian, berusaha berprestasi dalam bidang kalian masing-masing sebelum kata menyesal menghinggapi diri kalian.
Ketiga, orang tua gue pinginnya gue di Unila(Universitas Lampung). Alasannya selain karena ITB jauh, biayanya juga mahal. Gue udah punya jawaban untuk masalah ini. Tapi kayaknya orang tua gue gak rela gitu, walaupun mereka bilang iya. Gue tahu pasti orang tua gue merasa berat, takut gak sanggup biayain. Gue juga takut kalo gue bakal makan indomie terus disana. Biaya gue untuk SMA aja udah susah. Tapi in shaa Allah nanti ada rejeki. Yang penting yakin dulu.

Setelah pemetaan jurusan di sekolah, masalah-masalah diatas udah bisa dibilang gak perlu dipermasalahin.
Pemetaan jurusan itu dilakukan buat menentukan pilihan siswa di SNMPTN agar peluangnya lebih besar. Jadi setiap kelas didata pilihan jurusannya terus dibagikan ke kelas-kelas lainnya supaya bisa jadi bahan pertimbangan. Misalnya dari pemetaan ada 7 orang yang mau Kedokteran Unila. 7 orang itu gak mungkin diterima semua karena melebihi kuota. Jadi yang nilainya lebih rendah harus pindah ke jurusan lain. Boleh sih gak pindah, tapi ya peluangnya sudah pasti mendekati 0. Daripada gak terima terus jadi gila terus bunuh diri, mending cari aman atau ikut SBMPTN aja.

Dari pemetaan pertama yang dilakukan semester 4, yang milih di FTSL (teknik sipil) ITB cuma gue dan ada 22 orang yang milih ITB. Alhamdulillah, gue bersyukur masih punya harapan. Walaupun yang milih ITBnya ada banyak, tapi gak ada fakultasnya yang sama kayak gue. Gue merasa makin yakin.
Tapi semuanya berubah semenjak kamu kenal dia ---coret. Semuanya berubah setelah tadi, pemetaan kedua mulai di data, ternyata ada teman sekelas yang nikung gue. Jleb. Dia milih FTSL juga. Jleb. Dan nilai dia lebih tinggi dari gue. Jleb. Dan sepertinya gue tidak ada tempat lagi di hati doi ---coret FTSL-ITB. Jleb.
Hati dan pikiran gue digeroti oleh ghoul.

Temen gue ini peringkat 1 di kelas, awalnya dia milih FITB-ITB. Entah kenapa dia berubah pikiran. Tapi katanya sih belum fix. Kalo misalnya dia udah fix, gue akan mundur teratur. Gue gak mau ngambil resiko harapan yang tipis terus tambah tipis. Karena kalo gue gak lolos gue bakal berubah jadi zombie terus gigitin kepala orang satu-satu. Gue lebih milih siapin hati supaya gak terlalu down kalo gak keterima. Mungkin ini suatu petunjuk dari Allah kalo gue harus nyerah dari ITB. Mungkin jalan sukses gue bukan di sana. Dengan waktu yang semakin mepet, gue harus cari universitas lain yang bisa se-klop perasaan gue ke ITB.
Gue gak bisa nyalahin temen gue yang milih FTSL. Karena semuanya punya hak buat memilih dan dia punya sesuatu yang lebih dari gue. Gue juga gak bisa maksain kehendak supaya ITB nerima gue. Karena gue sadar, ada yang lebih baik dari gue dan otomatis ITB bakal milih dia. Yang salah itu gue karena gue milih ITB tapi nilai gue gak memungkinkan bisa keterima di ITB.

Jadi, kalo kamu kena tikung, cobalah berbesar hati. Karena bagaimanapun, kalo kamu maksain kehendak, terus kecewa, ya itu karena salah kamu sendiri. Sebelum kecewa terlalu dalam, carilah hal lain yang kiranya lebih pas dengan kamu.
Kok jadi baper???
Ah, intinya gue mau curcol aja.

20 comments:

  1. Ya ampun jleb. Kuliah mpe galau kayak gitu. Jleb. Emang sma kelas 3 tu masa2 kritis. Ya, dimanapun lo bakalan kuliah semoga lancar dan sukses bisa berguna bagi nusa dan bangsa hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang mau kuliah aja bingung apalagi pas kuliahnya wkwk
      Aamiin... itu doa tiap upacara :D

      Delete
  2. Hmm.. Anda termasuk seorang penggalau. Gue juga pernah kena tikung, KZL emang.. Gantian baca dong cerita tikung menikungnya di blog gue http://simaryon.blogspot.co.id/2015/08/ditikung-story.html

    ReplyDelete
  3. wah galau ya... memang terkadang tempat kuliah membuat kita galau. besar hatilah menerima semua nikmat tuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, dimanapun kuliahnya pasti itu udah yamg terbaik menurut Allah. Tapi sebelumnya berusaha dulu untuk menunjukan bahwa kita bersungguh-sungguh.

      Delete
  4. kok kejam sih itu senggol senggolan pemilihan univ dari sekolahan. Kalo gue sih individu, sekolah engga ngatur apa apa gitu.

    Tapi sukses ya, semoga cita cita masuk ITB tercapai. amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang rada kejam sih, kasian yang nilainya rendah. tapikan kalo memang keukeuh pingin ke jurusan itu kan masih bisa lewat sbmptn.

      Aamiin.. semoga kamu juga ya

      Delete
  5. Yakin aja, siapa tau lulus. Untuk kuliah gue juga masih bingung yah walaupun gue masih kelas 1 SMA~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih saya yakin-yakin aja, terobos aja walaupun satu sekolah daftar jurusan yang sama :D
      Masih lama lah 2 tahun lagi. Tapi gak berasa ntar 2thn itu wkwk mulai dari sekarang coba fokus sama bakat dan minat kamu..

      Delete
  6. hahaham gu ekira ini tikung menikung perihal asmara. ternyata masalah pendidikan toh... itb emang susah men. dan ditikung emang sakit men, apalagi sam atemen sendiri. kalau di jabar, unpad idaman tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perihal asmara udah terlalu menstrum. Iya tuh Unpad bagus tapi sayngnya gak ada teknik sipil :D

      Delete
  7. Sebelum lulus SMA, di bikn pusing dengan ujian ini itu. Setelah lulus pun, di bikin tambah pusing ya. Intinya, jangan sampai salah pilh jurusan aja. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat kamu. Itu aja sih pesan gu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak alhamdulillah udah ketemu sama jurusan yang klop wkwk

      Delete
  8. Semangat untuk ujian nasionalnya yaa....
    Mau di universitas mana pun kita menimbah ilmu semua tergantung pribadi masing masing..

    Semangat berkarya yaa dek..
    Semoga slu dibanjiri prestasi dunia akherat^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti kak,semangat selalu.
      Iya kak memang tergantung pribadi masing masing. tapikan lebih enak lagi kalo fasilitas dan lingkungan mendukung hehe
      Aamiin.. semoga kakak juga ya

      Delete
  9. ITB bukan satu-satunya universitas kak Dan...
    Masih banyak kampus yg ok punya dan gak kalah sama ITB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih banyak perguruan tinggi yang bagus kayak ITB, tapi hati ini pinginnya ke ITB wkwk

      Delete

Cieee yang udah bacaaa :v Terimakasih :)
Kolom komentarnya jangan dianggurin dong.
Tapi sebelum komen pastikan kepalanya dingin, kalo panas kompres dulu pake es batu yaa.